• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Tips Tradisional Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Author : Ayah

Pada cuaca yang kurang bersahabat seperti akhir – akhir ini, dengan kondisi tubuh tidak fit memudahkan flu menyerang. Suhu udara yang panas dan debu yang berterbangan, dengan suka  minuman dingin / es akan semakin memicu kita terserang flu. Badan demam, batuk dan disertai pilek, semakin menjadi – jadi. Kita yang dewasa, cukup kerepotan dengan gejala  flu, bagaimana dengan yang bayi…?

Terkadang tidak cukup ke dokter, ketika sikecil terserang flu dengan disertai pilek. Si kecil akan rewel dan susah tidur karena badannya yang  ngilu serta hidungnya yang tersumbat. Obat dari dokter tidak seketika menyembuhkannya. So,.. kita harus punya cara untuk membuatnya nyaman, sehingga dapat beristirahat dengan tenang. Dengan demikian kondisi tubuhnya akan cepat fit dan pulih kembali.

Hidung Tersumbat pada bayi

Hidung Tersumbat pada bayi

Ada beberapa tips untuk membuat si kecil nyaman saat terserang flu, diantaranya langkah – langkah dibawah yang umum kami lakukan.

  1. Ketika hidung si kecil tersumbat karena pilek, usahakan si kecil tidur pada posisi miring. Langkah ini efektif jika yang hidung yang tersumbat sebelah ( bukan dua – duanya ), jadi jika lubang hidung kiri yang tersumbat maka miring ke kanan dan begitu sebaliknya.
  2. Usahakan si kecil tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi dari posisi badannya.
  3. Mengoleskan balsem khusus baby ( kami lebih suka pada balsem Transpulmin BB ), pada punggung dan dada sambil dipijat ringan. Si kecil Alen, sangat nyaman jika dipijat sambil diolesi balsem Transpulmin BB pada dada dan punggungnya.
  4. Tidak menggunakan AC pada suhu rendah pada saat tidur.
  5. Memberikan uap air panas yang telah ditetesi minyak telon akan membantu melegakan hidung si kecil yang tersumbat. Ada cara yang hampir sama, adalah menciptakan udara yang lembab dikamar dengan menaruh air panas dalam ember pada pojok ruangan yang telah ditetesi minyak telon dan biarkan si kecil menghirup udara lembab yang telah bercampur dengan minyak telon.
  6. Memberikan pijatan ringan pada daerah T ( atas hidung dan alis ), dengan menggunakan minyak telon ( ada sebagian orang yang menambah dengan bumbu rempah pala ), juga akan membantu melegakan hidung si kecil yang tersumbat.
  7. Memandikan dengan air hangat dan menjemurnya dipanas matahari pagi.
  8. Bersihkan hidung si kecil yang beringus dengan menggunakan penyedot ingus ( nasal aspirator ) khusus untuk bayi. Pastikan sebelumnya bersihkan ujungnya dengan tisu yang dibasahi alcohol 70%. Jangan terlalu dalam dan lakukan dengan lembut agar tidak mengiritasi hidung si kecil.

Ada beberapa temen yang biasa menggunakan inhaler untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat, namun dari beberapa artikel dan konsultasi sama DSA ( dokter spesialis anak ) pemakaian inhaler yang terlalu sering tidak baik. Hal tersebut dapat membuat konka hidung menjadi mengecil terus menerus dan merusak sel – sel didalam rongga hidung, katanya. Ada lagi cara yang umum juga dipakai adalah pemberian larutan nasal NaCl, ( brand : Breathy ) yang diteteskan ke lubang hidung. Hal tersebut juga pernah kami konsultasikan ke DSA dan tidak dianjurkan karena juga ada efek sampingnya. So, cara tradisional diataslah kami rasa yang relative aman bagi si kecil. Smoga dapat membantu … mari berbagi dan sharing informasi untuk membantu meningkatkan kualitas hidup keluarga kita. Seperti biasa, saran dan kritik sangat diharapkan, berikan komentar ya ..

Categories: Pola Asuh Anak