• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Tips Merawat Kuku Si Kecil

Author : Bunda

Awas..! Kuku Si Kecil lumayan tajam, jika kita tidak perhatian dan hati – hati akan dapat melukai wajah Si Kecil atau orang yang berada disekitarnya. Si Kecil yang masih beberapa bulan, pada umumnya mereka masih suka menggerakkan tangannya tidak beraturan. Hal ini sangat riskan melukai wajahnya. Diapun tentunya belum memahami bahwa sentuhan tangan diwajahnya dapat melukainya. So, kita sebagai orang tua, harus melakukan tindakan dan mencegah hal – hal tersebut terjadi. Untuk itulah dibutuhkan perawatan kuku Si Kecil, namun itu juga menimbulkan masalah tersendiri. Pada diskusi kali ini, kita akan membahas tips – tips dalam merawat kuku Si Kecil dan permasalahan seputarnya.

Kelihatannya permasalahan kecil, namun hal ini menjadi hal yang luar biasa sulit tatkala yang menghadapi adalah pasangan muda, yang notabene ini adalah pengalaman pertama mereka menghadapi ini. Jika tidak dipotong, kuku Si Kecil yang cukup tajam itu akan membahayakan bagi tubuhnya tetapi jika dipotong timbul ke khawatiran akan melukainya.

Merawat Kuku Si Kecil

Merawat Kuku Si Kecil

Nah, dari segala permasalahan dan keharusan untuk merawat kuku Si Kecil, maka kita membutuhkan kiat – kiat khusus dalam merawat kuku Si Kecil. Ada beberapa orang yang memiliki kiat – kiat khusus yang berbeda – beda, berikut adalah tips – tips yang umum dilakukan oleh para orang tua dalam memotong dan merawat kuku Si Kecil.

  1. Ada beberapa orang tua, memotong kuku Si Kecil sesaat setelah mandi. Alasannya, kuku Si Kecil sehabis mandi akan lebih lumbut, sehingga lebih mudah untuk dipotong.
  2. Jika Si Kecil sudah mulai besar, dia akan cenderung aktif bergerak. Untuk memotong kuku Si Kecil kita membutuhkan partner, bisa jadi suami / istri. Sang partner dapat mengalihkan perhatikan Si Kecil dan tidak selalu memotong tangannya ketika kita sedang memotong kukunya.
  3. Jika kita khawatir dengan gerakan Si Kecil, beberapa orang tua memilih memotong kuku Si Kecil saat ia sedang tidur. Jika hal ini  yang kita lakukan, pastikan Si Kecil sedang tidur pulas. Jika tidak, ia akan reflect menarik tangannya ketika kita sedang memotong kukunya.
  4. Untuk mengurangi resiko kemungkinan kita melukai jarinya, tekan daging di bawah kuku  saat kita memotong kukunya.
  5. Pergunakan gunting kuku khusus untuk bayi, pada umumnya ujungnya bulat dan tidak terlalu tajam sehingga tidak berpotensi mencederai.
  6. Ajaklah Si Kecil berbicara dan berinteraksi untuk mengurangi ketegangan pada kita dan Si Kecil saat memotong kuku.
  7. Lakukan perawatan kuku Si Kecil minimum 1 minggu sekali, karena kuku Si Kecil cepat tumbuh dan panjang.
  8. Gunting yang akan digunakan, sebaiknya bersihkan dengan kapas yang dibasahi alcohol 70%.
  9. Sebaiknya tidak memotong habis kuku Si Kecil, sisakan 1 mm dan kemudian haluskan ujung kukunya dengan emery board.
  10. Jangan menggunakan benda tajam untuk membersihkan ujung kuku, gunakanlah cotton bud yang dibasahi.

Walaupun sudah hati – hati, terkadang kita melukai jari Si Kecil saat memotong kuku karena suatu hal. Jika hal ini terjadi, jangan panik karena hampir setiap orang tua pernah melakukan kesalahan ini. Segera ambil kapas yang dibasahi alkohol 70% dan tekan luka yang timbul, maka beberapa saat kemudian darah yang  keluar akan berhenti. Luka yang timbul jangan ditutup atau dibalut, karena justru akan memperlambat penyembuhan luka.

Jika anda memiliki saran dan kritik atau tips – tips yang belum ada pada uraian diatas, mohon komentarnya untuk menyempurnakan tulisan diatas. Selamat mengasuh Si Kecil sang buah hati.

Categories: Pola Asuh Anak