• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Tips Menangani dan Menenangkan Bayi yang Menangis

Author : Bunda

Seiring dengan berjalannya waktu dan kebersamaan dengan si kecil, akhirnya kita bisa mengerti pola dan karakterisktik dari bayi kita. Begitu pula dengan tangisannya, kita akan segera mengetahui mengapa ia  menangis dan apa yang dibutuhkannya. Lihat secara detail apa – apa yang mungkin menjadi penyebab bayi menangis pada diskusi sebelumnya.

Ada beberapa tips yang umum dilakukan oleh orang tua untuk menangani dan menenangkan bayi tatkala ia menangis. Disini akan mencoba menguraikan tips – tips umum yang biasa dilakukan untuk mengatasi tangisan si kecil.

  1. Bayi yang baru lahir senang dalam lingkungan yang hangat sebagaimana lingkungan ketika ia masih dalam rahim. Maka salah satu cara yang nyaman baginya dan cara yang efektif untuk menenangkan ketika ia menangis adalah membungkus ( gedong ) dan mendekapnya.
  2. Banyak para peneliti dan ilmuwan yang telah menemukan dan membuktikan bahwa musik adalah salah satu cara yang dapat menenangkan dan membuat bayi merasa nyaman. Bayi sejak didalam rahim telah terbiasa mendengar degup jantung sang ibu, alasan ini pulalah mengapa bayi merasa tenang dan nyaman dalam dekapan sang ibu.
  3. Mengayun dan menggoyangnya dengan perlahan dan lembut merupakan salah satu tehnik yang dapat digunakan untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Cara yang kita  tempuh dapat dengan menggendongnya, menaruhnya dalam kursi goyang, menaruhnya dalam ayunan atau membawanya berjalan – jalan dengan kereta bayi.
  4. Memijat dan mengusapnya dengan penuh perhatian dan perasaan merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Jangan takut bahwa kita tidak mengatahui tehnik memijat yang benar, yang terpenting adalah perasaan kita dan lakukan dengan lembut dan perlahan, khususnya pada daerah dada dan punggung serta perut.
  5. Ada hal yang mungkin tidak masuk akal kita, bahwa dengan menghisap bayi akan merasa nyaman dan tenang. Biarkan bila dia mengisap jarinya ( pastikan dalam kondisi bersih ) , karena pada sebagian bayi, dengan mengisap jari dapat menstabilkan denyut jantung dan menenangkannya.
Menenangkan Bayi

Menenangkan Bayi

Terkadang kita sebagai orang tua frustasi karena tidak dapat menenangkan bayi yang sedang menangis. Terpenting yang kita lakukan adalah jangan panik dan perhatikan permasalahan sebagaimana diuraikan pada diskusi sebelumnya. Praktek-kan dan pahami tips – tips diatas, dan perhatikan reaksi dari si kecil.

Ada kalanya bayi tidak merasa nyaman dalam dekapan kita dan menolak kontak fisik dengan orang tuanya. Coba baringkan dan tatap wajahnya, karena pada umumnya bayi sangat menyukai kontak mata dengan orang tua dan sangat suka memperhatikan wajah sang ibu. Cobalah untuk berkomunikasi dan memberikan kasih sayang dalam ekspresi wajah kita.

Selamat mengeksplorasi tingkah laku si kecil …

Categories: Pola Asuh Anak