• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Tips Membuat Anak Disiplin

Author : Bunda

Disiplin biasa kita kenal dengan cara belajar untuk mentaati suatu aturan. Jadi disiplin itu adalah suatu cara untuk memberikan pelajaran pada anak agar taat pada aturan tentang bagaimana ia harus bertingkah laku. Tips utama dalam menciptakan anak disiplin, bahwa kita harus memperhatikan tentang aturan, komunikasi dan penguat positif. Intinya, ketika anak kita mampu menjalankan aturan dengan baik dan benar serta baik maka kita harus mampu mengapresiasinya dalam bentuk hadiah. Eit…, hadiah tidak harus berupa barang yang ia senangi lho, … bisa jadi berupa pujian dan kata – kata yang akan menguatkan ia untuk berbuat lebih baik lagi.

Untuk menciptakan anak disiplin, kita harus memulainya ketika anak masih batita. Tapi pada tahap ini, kita banyak mendapatkan permasalah, tapi sabar ya … setiap masalah datang untuk dipecahkan. Pada tahap ini kita mulai mengenalkan aturan tetapi kita tidak gampang mendisiplinkan anak pada usia ini. Pada usia batita, adalah masa anak mengeksplorasi segala kemampuan dengan melakukan ekperimen sebab akibat jadi kita harus punya taktik khusus untuk memecahkan masalah ini. Sebagai contoh, ketika kita ingin memperkenalkan anak untuk tidur tepat waktu, kita tidak dapat langsung memaksanya tidur, yang terjadi si anak akan malah berontak. Kita ajak anak kita bermain dikamar dan buat permainan yang bersifat cooling down, misal dongeng atau mainan lain yang tidak menguras tenaga dan anak betah dikamar.

Satu hal pada yang harus kita pahami, kita mendisiplinkan anak dilandasi pemikiran untuk kepentingan dan kesejahteraan anak. Jadi dengan dasar pemikiran itu, pendekatan yang kita lakukan tidak lagi bersifat otoriter tetapi otoritatif. Intinya anak diberi kesempatan berpartisipasi tetapi orang tua harus tetap memegang otoritas yang tidak dapat disejajarkan dengan anak.

Salah satu kunci keberhasilan dalam mendisiplinkan anak adalah kemampuan kita sebagai orang tua dalam bersikap tegas tanpa harus kehilangan perhatian dan kasih sayang. Dengan tegas tetapi penuh kasih sayang, anak tidak akan merasa dimusuhi dan dikasari, tetapi merasa sangat diperhatikan. Satu kesalahan yang sering disini, orang tua cenderung memberikan hukuman ketika anak melanggar dengan menggunakan hukuman fisik. Ingat ya… yang kita hukum itu perilakunya yang tidak disiplin bukan fisiknya.

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menciptakan anak yang mengerti akan kewajibannya dan disiplin pada setiap aturan untuk kebaikan dan kesejahteraannya dimasa yang akan datang. Sering kali kita sebagai orang tua malah yang tidak bisa berlaku disiplin dalam menetapkan aturan dan cenderung bersikap otoriter hanya untuk menjaga ego sebagai orang tua. Mari kita didik anak – anak kita, suatu amanah yang harus kita jaga dan didik menjadi jiwa yang mandiri, disiplin dan mulia. ( dalam Islam dikenal dengan 3I : Iman , Islam dan Ihsan ). Amin.

Sumber :

  • Majalah keluarga ( Nakita, Ayah Bunda dll )
  • Pengalaman pribadi
  • Petuah Orang tua
Categories: Pola Asuh Anak
Thank's sudah mau aktif. Tetap semangat ...!
25 October 09 at 22:17
Ok...bossssss
25 October 09 at 23:00
admin
please retrieve and download, don't forget to link our site.
9 November 09 at 10:41