• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Tips dan Trik Menidurkan Bayi

Author : Bunda

Kita tentu masih ingat bahwa kenyamanan dan masa istirahat, akan sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan fisik dan mental si bayi. Maka saran yang sering dikeluarkan oleh dokter anak dan orang tua kita, jagalah si bayi agar dapat tidur lelap dan nyaman sesuai dengan perkembangannya. Namun tidak sedikit diantara kita, sebagai orang tua mengalami kesulitan tatkala harus menidurkan dan menjaga pola tidurnya agar tercipta tidur yang nyaman dan lelap terutama malam hari. Bahkan diantara kita banyak yang stress menghadapi pola tidur bayi kita diawal – awal kelahirannya. Iya nggak ..?

Si Kecil Terlelap dalam Tidurnya

Si Kecil Terlelap dalam Tidurnya

Berikut adalah tips dan trik yang dikumpulkan dari berbagai sumber, eksplorasi pengalaman pribadi, membaca buku / majalah, saran dari dokter anak dan petuah dari orang – orang tua. Mungkin ini akan dapat menjadi inspirasi bagi kita sebagai orang tua, untuk lebih mendalam dalam merawat sang  buah hati. Semoga dengan ini, kita dapat leibh menggali dan mengeksplorasi serta mengenali buah hati kita.

  1. Tips yang pertama, kita harus mengajarkan pola hidup yang teratur pada bayi kita, banyak yang menyarankan dimulai pada usia 6 minggu. Pada usis 6 minggu adalah usia yang efektif untuk mulai mengajarkan bayi tidur sendiri. Kita juga harus mulai memberikan batasan – batasan dan menerapkan rutinitas pada bayi sehingga akan membantunya untuk dapat tidur semalaman dengan nyenyak dan lelap.
  2. Sebelum menidurkan bayi ditempat tidurnya, pastikan ciptakan tempat tidur yang nyaman untuknya. Singkirkan barang – barang yang dapat mengejutkannya dan kosongkan dari mainan – mainan yang dapat membuatnya aktif kembali. Ruang tempat tidur, sebaiknya juga dalam penerangan yang temaram, penerangan yang terlalu terang akan merangsang  dan menegangkan syaraf – syaraf penglihatan bayi. Hal ini akan membuatnya sulit untuk terlelap.
  3. Bayi tatkala didalam rahim sudah terbiasa dalam buaian dan ayunan yang lembut maka kita dapat juga meniru perlakuan ini pada bayi kita. Buaian dan ayunan yang lembut dapat membuatnya gampang mengantuk. Kita dapat menciptakan buaian untuknya berupa gendongan dengan ayunan yang lembut, boks ayun dan lain – lain. Segera pindahkan bayi kita ke tempat tidur ketika terlihat mengantuk.
  4. Terkadang bayi ada yang rewel tatkala di tempat tidur, kenali penyebabnya dan pastikan jaga ketenangan disekitarnya. Ada baiknya, bisikan do’a yang khusyu’ dan ihlas serta senandungkan, banyak bayi yang tenang dan terlelap secara alami dengannya.
  5. Sebelum tidur, pastikan bayi pada kondisi yang nyaman, baik itu asupan makanannya ( cukup kenyang ) dan kondisi badannya. Kita bisa melatih pola hidup yang teratur padanya, seperti membiasakan minum susu yang cukup kenyang sebelum tidur, dengan begitu ia akan dapat tidur lelap dan tidak terbangun karena lapar.
  6. Berikan pijatan yang nyaman dan lembut. Beberapa bayi dan balita yang mendapatkan pijatan sebelum tidur lebih mudah terlelap.
  7. Berikan pengantar tidur akan membuatnya rileks dan mengantuk. Mungkin inilah salah satu sebab orang tua kita sering mendendangkan lagu dan mendongeng tatkala menina bobokan kita waktu kecil. Rutinitas pengantar tidur yang dapat dilakukan antara lain: mendongeng, berdendang dan lain – lain.
  8. Tips terakhir, sebenarnya bukan sebuah tips untuk menciptakan bayi terlelap tetapi lebih tepat untuk menjaga bayi dalam tidurnya. Jangan mengganti popok bayi saat ia sedang limbung karena kantuk. Hal ini akan membuatnya terjaga dan rewel. Ada hal lain lagi yang harus diperhatikan adalah jangan mencium dan mendekapnya dengan gemas saat ia tidur hal ini akan membuatnya terbangun. Terkadang kita akan tergoda, begitu melihat bayi kita tidur terlelap dengan lucu.

Dari berbagai tips dan trik diatas mungkin tidak cukup bagi kita untuk mengenali dan mengeksplorasi kebiasaan bayi kita. Pergunakan instuisi dan insting kita sebagai orang tua untuk lebih mengenali bayi kita. Karena setiap bayi memiliki bawaan prilaku yang  berbeda – beda disamping juga mendapatkan lingkungan yang berbeda pula. Jika ada saran dan kritik dapat disampaikan via komentar dibawah. Selamat menina bobokan si kecil.

Categories: Pola Asuh Anak