• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Cara Efektif Menjalin Kedekatan dengan Si Kecil

Author : Ayah

Seorang ayah dengan aktifitas dan rutinitasnya yang mayoritas berada diluar rumah, kedekatan hubungannya dengan si kecil tidaklah seperti seorang ibu. Seorang ibu akan cenderung dekat dengan Si Kecil semenjak hadir dalam rahimnya. Waktu yang terbatas, juga menjadi permasalahan tersendiri bagi seorang ayah dalam menjalin kedekatan dengan Si Kecil. Pada umumnya seorang ayah berangkat kerja ketika Si Kecil masih tidur dan pulang kerja setelah Si Kecil pulas dalam buaian mimpi. Oleh karenanya diperlukan suatu aksi yang nyata dan efektif bagi seorang ayah dalam memanfaatkan waktunya yang terbatas untuk membina hubungan dengan Si Kecil.

Sekecil apapun waktu yang tersisa disela – sela kesibukannya, harus dimanfaatkan dengan benar oleh seorang ayah. Jangan menunggu Si Kecil berumur sekian bulan …, yang baginya merasa aman untuk bermain dengan Si Kecil. Semakin dini hubungan terjalin, semakin baik bagi perkembangan hubungan dengan Si Kecil dan perkembangan mentalnya. Ingat, kasih sayang yang lengkap dari kedua orang tua dan lingkungan sekitarnya akan menjadi bekal yang tiada ternilai bagi Si Kecil dalam menapaki masa depannya.

Menjalin kedekatan dengan buah hati

Menjalin kedekatan dengan buah hati

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan, yang cukup efektif untuk memperkuat hubungan dengan Si Kecil :

  1. Manfaatkan peluang sekecil apapun untuk bermain dengan Si Kecil. Bisa jadi disela – sela sang ibu mempersiapkan keperluan mandinya, misalnya. Jangan ragu untuk mengajaknya bercengkerama, karena itu akan membuat Si Kecil merasa nyaman.
  2. Si Kecil adalah pengamat yang ulung, maka usahakan melakukan kontak mata dengan Si Kecil ketika mengajaknya bermain. Si Kecil paling suka mengamati wajah orang berjam – jam. Sebagaimana kita tahu, mata dapat mewakili ribuan kata dan ungkapan perasaan kita yang paling jujur. Ekpresikan kasih sayang anda ketika sedang menatapnya.
  3. Sentuhan kontak fisik sang ayah dengan Si Kecil akan sangat penting. Lakukan segera semenjak ia dilahirkan. Sebagai ungkapan perkenalan dan memberikan kehangatan ketika sang ayah menyentuhnya. Lebih baik lagi bila sang ayah mampu dan mau belajar memijat, akan menjadi nilai plus yang sangat bagus dalam menjalin kedekatan dengan Si Kecil.
  4. Ada satu hal yang terkadang dilupakan orang tua, bahwa suara kedua orang tua adalah suara termedu dan terindah bagi Si Kecil daripada mainan disekitarnya.Biar suara kita sumbang, tetaplah bersenandung untuk Si Kecil, ditelinganya suara orang tua adalah terindah dan merdu serta mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi Si Kecil. Si Kecil lebih mengerti ungkapan rasa cinta kita sebagai orang tua, maka jangan malu untuk bersenandung ketika bermain dengannya.
  5. Anugerah yang luar biasa diberikan oleh Allah SWT, adalah perasaan jatuh hati pada Si Kecil begitu kita mengetahui kehadirannya. So, mulailah menjadi bagian dari hidupnya sejak dini tanpa harus menunggu ketika ia sudah besar dan mengerti harapan kita.

Ada hal yang terkadang terjadi pada beberapa orang tua, sang ayah seakan berkompetisi dengan  sang ibu dalam merawat dan menjalin hubungan dengan Si Kecil. Jangan frustasi ketika Si Kecil tak kunjung lengket dengan kita sebagai ayah. Libatkan selalu diri kita dalam merawat Si Kecil, seiring berjalannya waktu Si Kecil akan mengerti perhatian dan kasih sayang kita.

Sumber :

  • Diambil dari beberapa sumber dan saran serta nasihat berbagai pihak, seperti buku baby care, nasihat orang tua dan parenting guide.
Categories: Pola Asuh Anak