• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Temu Lawak antara Bisnis dan Khasiat yang Luar Biasa

Author : Ayah

Temu Lawak merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia, sehingga mudah sekali kita mendapatkannya. Didukung dengan sifatnya yang mudah tumbuh dan berkembang biak baik pada tanah berpasir, tanah liat maupun tanah merah. Sangat cocok pada situasi lahan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan uniknya, temu lawak dapat hidup pada tanah dengan kondisi unsur haranya yang berkurang. Ehm, sungguh mengagumkan kemudahannya beradaptasi. Apakah khasiatnya juga luar biasa ..?

Sebagaimana sosok tanaman obat lainnya, Temu Lawak dapat berumur tahunan dengan ketinggian antara 0.5 sampai dengan 2.5 meter. Temu lawak memiliki batang semu yang tersusun atas pelepah daun, dengan bentuk daun yang lanset memanjang berwarna hijau tua dan bergaris – garis coklat. Tanaman ini juga banyak dikenal dipelosok negeri, diantaranya di Madura dikenal sebagai Temo Labak dan di Sunda dikenal sebagai Koneng Gede.

Jika kita ingin membudidayakan tanaman ini, dapat dilakukan dengan cara memisahkan rumpun dari tanaman yang sudah tua. Namun untuk skala bisnis, hal tersebut kurang efektif. Adapun metode lain yang dapat digunakan untuk memperbanyak temu lawak, yaitu dengan menggunakan rimpangnya sebagai bibit. Usahakan menggunakan rimpang induk daripada rimpang cabang, karena kualitas rimpang induk jauh lebih baik dibandingkan rimpang cabang. Rimpang induk yang akan digunakan bibit, ditanam pada tanah yang lembab. Jika telah tumbuh tunas, dipotong – potong dengan perkiraan tiap potong terdapat 3 mata tunas. Potongan – potongan inilah yang dapat kita gunakan sebagai bibit pada lahan sesungguhnya.

Temu Lawak

Temu Lawak

Temu lawak biasanya dapat dipanen setelah berumur satu tahun dan kitapun dapat menjualnya dalam bentuk rimpang segar atau simplisia. Didalam industri obat dan jamu, simplisia temu lawak dikenal dengan nama Curcumae Xanhorrizae Rhizome. Bahan yang terkandung dalam temu lawak antara lain minyak asiri, curcumin, kamfer, glucosida, pati dan lain – lain.

Temu lawak tidak hanya digunakan sebagai obat tradisional, kita mengenal temu lawak yang digunakan sebagai minuman segar yang memiliki khasiat untuk memulihkan tubuh yang kelelahan. Masih banyak manfaat lainnya dari temu lawak yang biasa dipraktekan masyarakat kita, diantaranya :

  1. Temu lawak diyakini mampu membantu membersihkan darah. Untuk ini biasanya rimpang temu lawak yang telah dirajang dan dijemur hingga kering, diseduh dengan air panas dengan ditambahkan sedikit gula merah.
  2. Temu lawak banyak digunakan sebagai minuman untuk mengembalikan kekuatan tubuh. Caranya, rimpang temu lawak yang telah dibersihkan, diparut hingga halus, kemudian dicampurkan dengan air dan direbus. Air rebusan tadi digunakan sebagai minuman, bila perlu dapat ditambahkan dengan gula jawa atau madu.
  3. Pernah merasakan bubur dari pati temu lawak atau yang biasa disebut dengan jenang temu ..? pada sebagian masyarakat kita membuat jenang temu untuk membantu memulihkan kondisi orang yang baru sembuh dari sakitnya. Caranya, rimpang temu lawak yang telah dibersihkan, diparut dan ditambahkan sedikit air dan diperas. Kemudian biarkan mengendap sehingga kita mendapatkan tepungnya dan cuci sampai rasa pahitnya hilang. Selanjutnya, tepung yang telah dicuci tersebut, ditambahkan dengan santan, gula merah dan dijadikan bubur.
  4. Masih banyak khasiat temu lawak yang lainnya yang telah banyak dipraktekan dalam masyarakat kita diantaranya untuk mengobati demam malaria, sembelit dan memperbanyak asi. Bahkan rimpang temu lawak, banyak digunakan sebagai obat tradisional dalam mengurangi bau badan.

Khasiatnya begitu luar biasa, sungguh mengagumkan bukan ..? Ditambah lagi dengan cara mengembang biakannya yang mudah dan dapat tumbuh pada berbagai kondisi lahan, membuat kita dapat membudidayakan dengan mudah. Mungkinkah kita juga dapat menggunakannya sebagai ladang bisnis yang menjanjikan …?

Categories: Obat Tradisional
Hi, I love your article. This is a good site and I wanted to post a note to let you know, good job! Thanks Meia
9 June 10 at 19:57