• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Ramuan Tradisional Atasi Batuk dan Pilek

Author : Bunda

Batuk dan pilek, bisa jadi menjadi penyakit yang paling sering menimpa anak – anak, khususnya pada saat musim hujan dan cuaca yang kurang bersahabat. Memang suatu bentuk penyakit yang ringan tetapi bukan untuk disepelekan, karena membuat kenyamanan anak terganggu. Untunglah, orang tua – tua kita telah meninggalkan warisan, tehnik – tehnik pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional dari tanaman obat dalam mengatasinya.

Batuk dan pilek, sering terjadi pada saat yang bersamaan, bisa jadi disebabkan satu sebab yang menimbulkan gejala dua penyakit. Batuk sebenarnya adalah reflek dari tubuh karena adanya sesuatu yang mengganggu pada saluran pernapasan. Bisa dikatakan, bahwa batuk merupakan suatu tanda bahwa ada yang kurang beres pada saluran pernapasan. Pada kasus ini, pilek yang disertai batuk, batuk timbul karena adanya reaksi akibat lelehan lendir ke bagian belakang tenggorokan.

Ramuan Tradisional

Ramuan Tradisional

Pilek pada umumnya disebabkan terkena virus influenza yang ditandai dengan  keluhan sakit dan gatal pada tenggorokan. Ada beberapa kasus disertai dengan demam dan berlanjut dengan keluarnya ingus pada hidung yang jernih dan berangsur – angsur mengental dan pekat. Berikut adalah beberapa resep ramuan tradisional yang banyak dipraktekan di masyarakat kita.

  • Jeruk Nipis dan Madu.

Ramuan ini paling sering kita jumpai di masyarakat kita, dengan menggunakan jeruk nipis, madu dan air matang. Caranya :

Jeruk nipis diperas dan diambil airnya, kurang lebih 1.5 sdm, dicampurkan dengan 4 sdm madu dan 5 sdm air matang. Kemudian semua bahan dicampur dan dipanaskan serta diminumkan selagi hangat. Dosis yang berlaku, bagi anak 2 tahun : 4x sehari dengan 1 sdm sedangkan untuk anak umur 3 s.d. 5 tahun : 4x sehari dengan 1.5 sdm.

  • Jahe

Jahe telah menjadi salah satu bahan favorit, baik digunakan minuman, bumbu masak maupun sebagai ramuan tradisional.

Pilihlah jahe yang bagus, ambil 40gr rimpangnya kemudian dikupas dan cuci yang bersih dan potong tipis – tipis. Rebus dalan 2 gelas air hingga mendidik dan airnya tinggal 1 gelas.  Tuangkan dalam gelas dan tambahkan gula batu 0.5 sdm, biarkan dingin dan minumkan selagi hangat. Dosis yang berlaku : untuk anak 2-5 tahun, 3x sehari 0.25 gelas dan untuk anak usia 6-12 tahun, 2x sehari 0.5 gelas.

  • Kencur

Disamping sebagai bumbu masakan, kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi batuk.

Ambil rimpang kencur 3 jari, kemudian kupas dan cuci sampai bersih serta diparut. Selanjutnya campurkan dengan air hangat dan matang sebanyak 0.75 cangkir, ditambahkan garam sedikit dan disaring serta diminumkan. Dosisnya : anak usia 2 tahun 4x sehari 1 sdm dan anak usia 3 s.d. 5 tahun, 4x sehari 1.5 sdm.

Masih banyak lagi ramuan tradisional yang dapat kita praktekan dalam rangka mengurangi derita batuk pilek si Kecil. Sebelum melakukan, konsultasikan dengan orang tua kita, agar didapatkan penjelasan dan tips – tips yang jelas. Jika tak kunjung ada perubahan, segera bawa ke dokter.

Categories: Obat Tradisional
awesome blog, do you have twitter or facebook? i will bookmark this page thanks. jasmin holzbauer
31 December 10 at 19:36