• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Rahasia Kemangi yang Kaya Gizi, Manfaat dan Khasiat

Author : Ayah

Ini berawal dari sebuah cerita yang tiada ujung pangkalnya dengan orang tua / sesepuh yang cukup aku hormati. Kala itu masa – masa awal datang ke Surabaya, nuansa lalapan daun kemangi dan aneka masakan yang melibatkan daun yang satu ini begitu kental. Mulai dari lalapan trancam sampai dengan nasi bebek, daun yang satu ini selalu mengikuti.

Mulailah rasa penasaran itu, mengapa daun kemangi, yang menciumnya saja bisa membikin pusing kepala begitu banyak disukai orang disini. Tanaman yang sering aku jumpai tumbuh di sela – sela pagar tanaman, yang boleh dikata tiada berharga, begitu diminati. Ternyata gizi, manfaat dan khasiatnya sungguh luar biasa..!

Bapak tua yang kuhormati itupun bercerita, kemangi sudah sangat terkenal di nusantara katanya. Dari perjalanannya sebagai salah satu pegawai BUMN, yang kerap pindah tugas ke berbagai daerah telah cukup mengenal beragam masakan yang ditempati. Tiada terkecuali, kemangi banyak ia jumpai. Di Jawa Barat, Tanah Pasundan, kemangi dikenal juga dengan nama surawung. Kemangi banyak digunakan pada masakan Sunda, seperti Oncom, Pepes Ikan ( Pais Lauk ) dan Karedok. Sedangkan di Manado, bubur gurih komplet sering dibubuhi dengan kemangi dalam penyajiannya. Di Jawa Timur, kemangi sudah menjadi daun yang sangat di gemari ( kalo yang satu ini, aku tahu sendiri ).

Daun Kemangi

Daun Kemangi

Ditinjau dari nilai gizi yang terkandung pada kemangi, menjadikannya salah satu sayuran yang kaya pro vitamin A dan kandungan mineral kalsium serta fosfor yang cukup tinggi. Kemangi mengandung minyak atsiri yang banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan obat dan produk kosmetik serta sebagai minyak aroma terapi. Jadi jangan kaget, jika banyak usaha penyulingan daun kemangi untuk diambil minyaknya.

Manfaat daun kemangi juga sangat luar biasa. Disamping dapat diambil minyak atsirinya sebagai aroma terapi, yang mampu meringankan dan menyegarkan tubuh, aroma daun kemangi juga diyakin dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Ditinjau dari nilai gizi dan manfaatnya yang sungguh luar biasa, jika meninjau lebih jauh lagi dari segi khasiatnya, pastilah kita akan terkagum dibuatnya. Dikalangan orang tua zaman dahulu, daun kemangi, dicampur dengan bawang merah dan minyak telon, sering digunakan untuk mengatasi perut kembung atau masuk angin pada bayi. Caranya campur daun kemangi, bawang merah dan minyak telon, diremas dan oleskan pada bagian perut, dada dan punggung.

Diakhir ceritanya ada sebuah resep rahasia dibalik khasiat kemangi. Kemangi sangat berkhasiat yang ampuh bagi organ seksual pria dan wanita. Kemangi diyakini dapat mengatasi ED ( ejakulasi dini ) pada pria dan dapat mempermudah ereksi. Sedangkan untuk wanita, kemangi diyakini dapat membunuh jamur penyebab keputihan dan mampu merangsang pematangan sel telur serta dapat menunda monopause.

Akupun berfikir, yach .. jika memperhatikan kandungan gizi, manfaat dan khasiatnya emang menggiurkan untuk disantap, tapi bagaimana dengan bau dan rasanya yang sudah terekam dalam pikiranku ..? Butuh waktu kali ya untuk bisa menerimanya sebagai bagian dari menu keseharian. Selamat mencoba, jika ada saran dan kritik, silakan kasih komentarnya.

Categories: Obat Tradisional