• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Mengenal Obat Tradisional

Author : Bunda

Pada kondisi sekarang ini semakin banyak orang yang memilih kembali ke obat tradisional, terutama yang berasal dari tanaman alias herbal. Banyak faktor yang melatar belakangi, mengapa orang sekarang  cenderung kembali ke obat tradisional. Salah satu faktor yang banyak dijumpai karena mahalnya obat modern yang terbuat dari bahan kimia dan efek samping negative yang ditimbulkan. Sementara itu, obat tradisional relative tidak memiliki efek samping sepanjang digunakan sesuai dengan aturan dan harganya yang murah serta mudah untuk didapatkan. Dengan berbagai latar belakang tersebutlah, fenomena back to nature ( kembali ke alam ) semakin menguat di tengah masyarakat.

Obat Tradisional

Obat Tradisional

Obat tradisional memang memiliki efek negative yang kecil sepanjang digunakan sesuai dengan aturan. Intinya, kita harus mengenal dengan pasti sebelum menggunakannya dan mengetahui dengan benar dosis yang harus diberikan. Terus darimana kita tahu aturannya ..? Obat tradisional pada dasarnya adalah warisan turun temurun yang telah lama digunakan di tengah masyarakat kita maka tanyalah kepada ahlinya atau orang tua kita.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, ketika kita akan memberikan obat tradisional pada anak – anak kita. Secara umum, jangan memberikan penggunaan obat tradisional untuk anak dibawah 2 tahun, untuk pemakaian dalam, semisal diminum. Yang menjadi pertimbangan disini, anak dibawah 2 tahun, system pencernaannya belum sempurna betul dan lemah. Dengan pemberian obat tradisional untuk pemakaian dalam dikhawatirkan ada efek sampingnya yang tak diinginkan, semisal diare. Jika untuk pemakain luar, selama tidak berefek pada kulit bayi / anak dibawah 2 tahun, mungkin aman untuk digunakan. Sebagai contoh, orang tua kita dahulu, sering menggunakan campuran bawang merah dan minyak telon untuk membantu menurunkan panas / demam pada anak – anak. Contoh lain yang tidak boleh diberikan walaupun untuk pemakaian obat luar, pemakaian bawang putih, karena dapat membuat kulit anak / bayi kita melepuh ( sifat panasnya yang terlalu keras ).

Beberapa tahun yang silam, masihkah kita ingat, dikalangan ibu – ibu PKK digalakan gerakan TOGA alias tanaman obat keluarga. Namun sayang, gaungnya sekarang sudah tidak terdengar kembali. Mari kita mulai dari diri kita dan keluarga, membudidayakan kembali TOGA, sebagai sarana pertolongan pertama tatkala anak – anak kita menderita sakit dan  sekaligus sebagai alternative pengobatan yang murah dan aman.

Categories: Obat Tradisional