• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Mengenal Jahe Lebih Dekat sebagai Tanaman Berkhasiat

Author : Ayah

Inilah salah satu kerabat dari empon – empon yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, baik digunakan sebagai obat tradisional ataupun dibuat berbagai minuman. Hampir mayoritas masyarakat Indonesia telah mengenalnya, walaupun dengan menggunakan aneka sebutan, sebut saja Jae yang biasa orang Jawa menyebutnya, atau Jhai oleh orang Madura dan Jahe oleh masyarakat Pasundan, dan masih banyak lagi sebutan untuk daerah yang lain.

Tanaman dengan batang semu yang tersusun dari helaian daun berbentuk ramping, bulat dan agak lunak ini, memiliki akar berbentuk rimpang yang sangat berkhasiat. Jika kita belah rimpangnya, nampak daging rimpang berwarna kuning dengan aroma khas jahe yang tajam dan agak pedas. Uniknya, tanaman ini dapat bertahan hingga tahunan.

Tanaman Jahe dan Rimpangnya

Tanaman Jahe dan Rimpangnya

Jika insting bisnis kita tajam, jahe dapat dipasarkan dalam bentuk berkulit atau tanpa kulit untuk industri jamu, makanan dan obat – obatan. Biasanya, jahe diiris tipis – tipis dan dijemur secara tidak langsung agar kadar minyak asiri yang terkandung didalamnya tidak berkurang banyak. Bentuk lain dari bisnis dari tanaman jahe adalah minyak asiri dari jahe. Minyak asiri dapat diperoleh dari penyulingan yang biasanya berwarna hijau kekuningan dan beraroma khas jahe.

Setelah mengenal dari sisi tanaman dan kemungkinan usaha dari tanaman jahe, selanjutnya kita akan mengenal lebih jauh tentang khasiat dari tanaman jahe ini. Jika musim penghujan dan suhu udara malam yang dingin, di beberapa wilayah di Indonesia bertebaran penjual minuman dari jahe, sebut saja wedang ronde. Ehm, segar rasanya, menikmati wedang jahe di suhu udara yang dingin. Selain itu, didunia kuliner tradisional, jahe banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak dari aneka masakan sayur, gulai hingga aneka makanan. Satu lagi yang tak kalah dari manfaat jahe, digunakan sebagai permen pelega tenggorokan ( peluang bisnis bukan ..? ).

Selanjutnya, apa saja sich khasiat dari tanaman jahe untuk kesehatan ..? Berikut daftar dari sekian banyak manfaat jahe yang umum dipraktekan dimasyarakat kita.

  1. Digunakan untuk melakukan pengobatan eksim. Biasanya, menggunakan lobak yang diparut dan dicampur dengan air jahe ( rimpang jahe diparut dan diperas ), dan dilulurkan atau dioleskan pada kulit yang kena eksim.
  2. Jahe juga sangat berkhasiat digunakan untuk mengobati luka sayatan benda tajam atau jatuh. Caranya, rimpang jahe diparut dan ditambahkan dengan sedikit garam, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang luka.
  3. Khasiat jahe yang lainnya, digunakan untuk membuang angina ( perut kembung atau masuk angin ) dan menghangatkan badan. Pada kondisi ini, jahe digunakan sebagai minuman hangat. Caranya rimpang jahe dibakar dan digepuk / dipenyet, dicampur dengan air panas dan kasih sedikit gula aren.
  4. Masih banyak khasiat jahe, daftar panjangnya tidak cukup untuk disebutkan dalam tulisan ini, diantaranya untuk mengurangi sakit rematik, membantu menyembuhkan syaraf muka yang sakit, menambah nafsu makan, memperkuat lambung dan lain – lain.

Wah, begitu hebat manfaat dan khasiat tanaman jahe, cara budidayanya juga tidak susah. Mari galakan kembali TOGA , tanaman obat keluarga di lingkungan kita. Selamat berbudi daya tanaman jahe ..

Categories: Obat Tradisional