• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Budidaya Kencur yang Kaya akan Manfaat dan Khasiat

Author : Bunda
Bunga Kencur yang Menawan

Bunga Kencur yang Menawan

Sebenarnya kencur bukanlah asli tanaman Indonesia, diyakini berasal dari India, namun demikian penyebaran kencur telah merambah ke seluruh Asia sejak lama. Di Indonesia, kencur memiliki beragam nama, Kencur (Indonesia, Jawa), Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa (Ambon), Cekir (Sumba). Dari sinipun sebenarnya kita dapat menarik kesimpulan, bahwa kencur banyak dikenal dimasyarakat kita yang pastinya kaya akan manfaat dan khasiat.

Kencur memiliki aroma yang lebih lembut dibandingkan dengan temu – temuan yang lain. Tanaman ini tumbuh merumpun dengan sosok tanaman yang kecil seolah – olah tidak memiliki batang padahal kalau kita perhatikan dengan seksama kencur memiliki batang semu walaupun pendek. Daunnya banyak dengan berbentuk bulat melebar dan  ujung yang mengecil  dengan warna hijau gelap yang nampak segar.

Daun Kencur

Daun Kencur

Kencur banyak dibudidayakan, baik sebagai suatu bentuk usaha atau persediaan dan tanaman keluarga. Rimpang kencur yang berwarna cokelat gelap dan berkesan mengkilap, adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan. Rimpangnya tumbuh bergerombol dan bercabang sehingga kita akan menjumpainya dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk skala bisnis dalam jumlah yang besar, kencur dijual dalam bentuk simplisia, khususnya bagi industri jamu dan obat – obatan. Bagaimana cara membuatnya ..? Rimpang kencur yang telah dipanen, dibersikan dari kotoran dan dipotong – potong serta dijemur ditempat yang teduh agar kering angin. Dengan tehnik ini, minyak asiri dari kencur tidak akan berkurang secara signifikan. Kemudian ditaruh didalam wadah yang rapat dan dipacking, rimpang kencurpun siap untuk dijual.

Bagi kuliner tradisional kita, rimpang kencur sering dimanfaatkan sebagai bumbu aneka masakan, sebut saja yang paling terkenal , Pecel dan Karedok. Sementara itu, daun kencur sering dimanfaatkan sebagai campuran urap – urap atau sebagai lalapan. Satu hal yang tidak asing dimasyarakat kita, kencur dijadikan sebagai minuman segar, Beras Kencur. Beras kencur telah lama dipergunakan masyarakat Indonesia sebagai jamu penambah daya tahan tubuh dan menghilangkan masuk angin serta  kelelahan.

Rimpang Kencur

Rimpang Kencur

Sebagai salah satu tanaman obat keluarga, kencur memiliki khasiat yang tidak sedikit. Namun ada beberapa hal yang paling sering dirasakan khasiat dari kencur dan dipraktekan di masyarakat luas, sebagai berikut ini :

  1. Kencur banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk untuk anak – anak dan balita. Caranya, rimpang kencur yang segar, diambil satu ruas kemudian dibersihkan dan diparut. Selanjutnya diperas dan diambil air, ditambahkan dengan madu dan diminumkan pda balita atau anak – anak yang  menderita batuk.
  2. Khasiat lain dari kencur, banyak digunakan untuk mengatasi muntah – muntah.
  3. Kencur dan beberapa bahan dari temu – temuan yang lain, banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan terhadap tetanus.
  4. Kencur juga berkhasiat dalam mengatasi keracunan.
  5. Kencur juga dirasakan khasiatnya sebagai bahan urut anggota badan yang keseleo dan mengencangkan urat kaki.

Masih banyak lagi, manfaat dan khasiat kencur sampai pada bidang kosmetika tradisional juga memanfaatkannya. Oleh karenanya, kencur banyak dibudidayakan di masyarakat.

Categories: Obat Tradisional