• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Pengenalan Vaksinasi – Imunisasi pada Bayi dan Anak – Anak

Author : Ayah

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit. Dengan pemberian vaksin, diharapkan tubuh mampu membentuk antibody. Istilah vaksinasi berasal dari bahasa latin vacca yang berarti sapi, mengapa ..? Karena vaksin yang pertama kali diberikan berasal dari virus yang menginfeksi sapi ( cacar sapi ). Vaksinasi biasa juga disebut dengan imunisasi.

Pada masa bayi atau kanak – kanak, masih rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu dibutuhkan imunisasi untuk memberikan perlindungan dan pertahanan dari suatu penyakit. Pada dasarnya imunisasi cukup aman, maka tidak ada alasan bagi kita , orang tua, untuk tidak memberikan imunisasi pada bayi / anak – anak kita. Apalagi jika kita melihat keuntungan dan manfaatnya yang sangat besar. So, pemerintah akhirnya mewajibkan beberapa jenis imunisasi, karena dengan program ini beberapa penyakit pada masa kanak – kanak dapat diminimalisir.

Pekan Imunisasi Nasional

Pekan Imunisasi Nasional

Imunisasi pada dasarnya dapat digolongkan dalam 2 jenis, yaitu imunisasi aktif dan imunisasi pasif. Pada imunisasi aktif, tubuh berperan aktif dalam membentuk kekebalan tubuh ( imunitas ). Pada imunisasi aktif, tubuh diberikan sebagian atau seluruh komponen kuman atau suatu bentuk rekayasa kuman sehingga terbentuk rangsangan kekebalan tubuh yang menyerupai respon terhadap infeksi alamiah oleh kuman itu. Diharapkan dengan proses tersebut, tubuh mampu membentuk anti toksin atau bentuk lain yang efeknya mampu menetralisir kuman. Berbeda dengan imunisasi aktif, pada imunisasi pasif, tubuh tidak dengan sendirinya membentuk kekebalan atau antibody, tetapi diberikan dalam bentuk antibody dari luar. Dengan kata lain, pada imunisasi pasif, tubuh diberi antibody spesifik yang sudah siap  pakai yang dapat habis dalam tubuh. Oleh karena itu, pada umumnya imunisasi pasif masanya lebih pendek dibandingkan dengan imunisasi aktif.

Pada tulisan berikutnya, kita akan mendiskusikan tentang imunisasi apa saja yang diwajibkan oleh pemerintah dan imunisasi apa saja yang dianjurkan. Bagaimana jadwal masing – masing imunisasi akan diberikan pada bayi / anak – anak kita.

Catatan :

Tulisan ini diambil dari berbagai sumber diantaranya : website departemen kesehatan, Majalah Nakita dan lain – lain.

Categories: Imunisasi