• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Jenis dan Jadwal Imunisai untuk Bayi dan Anak – Anak

Author : Ayah

Pada diskusi sebelumnya, kita telah mendiskusikan apa dan mengapa imunisasi diberikan pada bayi dan anak – anak. Untuk selanjutnya, kita akan mendiskusikan jenis imunisasi yang diwajibkan pemerintah dan yang dianjurkan serta bagaimana jadwal untuk masing – masing imunisasi tersebut. Jadwal imunisasi untuk setiap Negara berbeda – beda, yang biasanya ditentukan oleh badan yang berwenang pada suatu Negara dengan pertimbangan kondisi Negara tersebut. Mengapa dibutuhkan jadwal imunisasi ..? Bisa nggak diberikan sekaligus..?

Jadwal imunisasi dibuat agar proses pemberian vaksin pada bayi atau anak – anak lebih efektif dan efisien. Karena jenis imunisasi yang cukup banyak dan waktunya yang berbeda – beda, para orang tua sering  kali lupa untuk memberikan imunisasi pada anak – anak mereka. Pemerintah juga menggalakan Pekan Imunisasi Nasional dalam rangka menggalakan program imunisasi untuk meningkatkan taraf kesehatan generasi penerus bangsa. Lihat jadwal imunisasi pada gambar dibawah ini.

Jadwal Imunisasi

Jadwal Imunisasi

Ada 12 jenis imunisasi yang menjadi program pemerintah yang dapat dikelompokkan dalam 2 kelompok. Kelompok pertama adalah program wajib imunisasi bagi bayi dibawah 1 tahun, yaitu imunisasi BCG, DPT, Polio, Campak dan Hepatitis B. Sedangkan kelompok yang ke-2 adalah imunisasi yang dianjurkan, sifatnya sebagai imunisasi tambahan. Jenis imunisasi ini antara lain MMR, Act Hib, Tifus atau demam Tifoid, dan Varilrix ( cacar air ).

Untuk detail masing – masing vaksin, akan diuraikan pada tulisan selanjutnya. Seperti biasa, tulisan ini adalah hasil rangkuman yang digunakan sebagai catatan, dengan sumber dari berbagai pihak dan dunia maya.

Categories: Imunisasi
ada yang lebih bagus daftarnya : bisa di download disini : http://widyani.org/wp-content/uploads/2009/11/jadwal-imunisasi-2008.pdf
16 November 09 at 09:43
miela
ringkas banget ya
21 October 10 at 14:38