• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Mengenal Lebih Jauh Kandungan ASI

Author : Ayah

Sebagaimana telah disampaikan pada diskusi sebelumnya, bahwa produsen susu formula berusaha menyajikan produknya mendekati karakteristik ASI. Begitu pula jika kita ingin memilih susu formula untuk Si Kecil, kitapun menggunakan acuan bahwa susu formula yang kita pilihkan untuk Si Kecil juga harus memiliki kandungan gizi yang mendekati dengan kandungan gizi pada ASI. Untuk selanjutnya, kita akan membahas dan mengenal lebih jauh mengenai kandungan ASI dan Susu Formula.

Jika pada diskusinya sebelumnya, kita telah membahas mengenai keajaiban dari ASI dengan kandungan kolostrumnya, berikut disampaikan secara global kandungan ASI yang dikelompokan menurut jenis kandungannya :

  1. Protein dan Asam Amino. Protein dan Asam Amino merupakan jenis nutrisi yang digunakan untuk pertumbuhan sel dan fungsi otak serta perlindungan anak dari infeksi ( yang dikenal sebagai system imun ). Asam Amino yang terkandung dalam ASI yaitu Tyrosine dan Triptophan yang sangat berguna sebagai penghantar rangsang syarat ( neuro transmitter ). Kandungan zat ini juga berfungsi sebagai pengendali prilaku, emosi dan membantu meningkatkan konsentrasi.
  2. Lemak dan Asam Lemak, Nutrisi ini sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan sel – sel otak, dan energi. Beberapa diantaranya dari jenis lemak dan asam lemak yang terkandung didalam ASI yang cukup terkenal ditelinga kita adalah taurin, AA dan DHA serta SA. AA – dan arachidonic acid dan DHA – decosahexanoic acid DHA sangat berguna untuk ketajaman penglihatan dan kecerdasan otak.  SA – Sialic Acid yang sangat berguna untuk kecepatan belajar dan daya ingat. Jenis lemak dan asam lemak lain yang terkandungan dalam ASI adalah Sphyngomyelin yang berfungsi untuk kecepatan hantar rangsang syaraf yang akan berpengaruh terhadap kecepatan berpikir dan kecerdasan. Zat lain dari jenis lemak dan asam lemak yang juga terkandunga dalam ASI adalah Gangliosida yang dibutuhkan dalam pemrosesan dan penyimpanan informasi.
  3. Karbohidrat sangat digunakan oleh tubh dalam membantu penyerapan kalsium dan mempertahankan factor libidos didalam usus. Factor yang akan menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya dan menjadikannya tempat yang baik bagi bakteri yang menguntungkan serta mempercepat pengluaran kolostrum yang sangat dibutuhkan bayi sebagai antibody. Kandungan lainnya dalam jenis ini adalah FOS dan Prebiotik yang sangat berguna sebagai sumber energi sel – sel otak dan aktivitas sel.
  4. Kandungan lain yang terdapat dalam ASI adalah vitamin yang cukup lengkap dan mencukupi kebutuhan bayi sampai usia 6 bulan. Vitamin dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan sel – sel otak.
  5. Kandungan lain dalam ASI adalah mineral, terutama adalah zat besi dan kalsium. Walaupun jumlahnya tidak banyak, kandungan mineral dalam ASI sangat bagus dan stabil serta mudah diserap.
Kandungan ASI yang Super

Kandungan ASI yang Super

Kandungan ASI lainnya yang sangat membedakannya dengan susu formula adalah zat imun yang terdapat pada immunoglobulin, sekretori dan laktoferin. Suatu zat imun dan anti infeksi yang bersih dan bebas terkontaminasi. Immunoglobulin yang berfungsi sebagai pencegah terjangkitnya penyakit pada bayi. Zat Sekretori, zat ini sangat berguna untuk melumpuhkan bakteri pathogen e-coli dan berbagai virus pada saluran pencernaan. Sedangkan zat Laktoferin sangat berguna sebagai zat kekebalan yang berfungsi mengikat zat besi disaluran pencernaan.

Kandungan ASI yang banyak tersebut, betul – betul sangat bermanfaat untuk kondisi bayi yang membutuhkan gizi yang tinggi sementara kondisi tubuh yang masih lemah dan system pencernaannya masih belum sempurna. Uniknya kandungan nutrisi yang sangat banyak tersebut sangat mudah dicerna dan diserap oleh pencernaan bayi. Hal ini karena pada ASI memiliki perbandingan Whei dan Casein yang sesuai untuk bayi, dengan rasio 65:35. Dengan rasio ini menyebabkan protein dan zat – zat lainnya yang terkandung pada ASI lebih mudah diserap. Hal ini berbeda dengan susu sapi yang memiliki rasio 20:80, sehingga tidak mudah diserap.

Kandungan ASI yang begitu luar biasa sebagaimana diuraikan diatas maka tidak salah jika ASI dianggap sebagai air ajaib anugrah Illahi Rabbi. Allah telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat istimewa untuk mahluknya, masihkah kita tidak mensyukurinya. Ayo, wahai kaum hawa dan ibu – ibu, berikan ASI eksklusif untuk buah hati tercinta. Wahai istri kaum Adam, masihkan engkau meragukan ..?

Categories: ASI dan Susu Formula