• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

ASI – Air Ajaib dengan Kandungan Gizi yang Tiada Tertandingi

Author : Ayah

Bersukurlah wahai kaum hawa dan para istri, padamulah dianugrahkan hak istimewa oleh Allah SWT. Bagaimana di nisbatkan surga ada ditelapak kakimu, ridlo-mu akan membawa kebahagian dan kesuksesan  generasi penerus. Satu hal lagi yang patut disyukuri, engkau dianugrahi Allah dengan ASI, air ajaib yang tiada tandingnya. Dengan kelengkapan gizi dan nutrisi yang dikandungnya memungkinkan sang bayi mampu bertahan hidup tanpa makanan pendamping. Salah bukti, bahwa ASI sebagai air ajaib yang dianugrahkan Allah SWT untuk si bayi, telah diwahyukan berabad – abad yang silam, coba simak :

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan…” (QS, Al Baqarah, 2:233)

Ketika pertama kali sang ibu melahirkan, maka si baby membutuhkan makanan dengan asupan gizi yang baik sedangkan system pencernaan si baby sendiri masih belum sempurna. Nah, inilah anugrah lagi dari Illahi Rabbi, ya namanya ASI dengan kandungan kolostrum yang sangat tepat untuk si baby pada fase ini, dengan kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi namun mudah dicerna.

Beberapa keunggulan kolostrum diantaranya :

  1. Kolostrum mengandung zat kekebalan IGA untuk melindungi si baby dari berbagai penyakit infeksi, missal diare.
  2. Jumlah kolostrumyang diproduksi bervariasi tergantung isapan si baby pada hari – hari pertama lahir ke dunia yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
  3. Kolostrum mengandung vitamin A yang tinggi, karbohidrat dan lemak yang rendah yang sangat sesuai dengan angka kecukupan gizi si baby.
  4. Kolostrum mampu membantu mengeluarkan mekonium, yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijaun.

Melihat keajaiban ASI tersebut, maka para dokter sangat menyarankan pada sang ibu untuk memberikan ASI eksklusif, khususnya ASI yang pertama yang mengandung kolostrum tersebut.

Keajaiban ASI

Keajaiban ASI

Keajaiban ASI terungkap juga dalam penelitian yang dilakukan pada Universitas Bristol, yang dikeluarkan dalam jurnal kedokteran Circulation. Bahwa pada penelitian tersebut ditemukan fakta bayi yang mendapatkan ASI kemungkinan mengidap penyakit jantung kecil. Dengan ASI yang mengandung asam – asam lemak tak jenuh berantai panjang ( mampu mencegah pengerasan pembuluh arteri ), tidak akan mengalami penambahan berat badan yang berlebihan. Bayi yang mendapatkan ASI juga menelan sedikit natrium, yang erat hubungannya dengan tekanan darah. Hal tersebut diatas itulah, salah satu manfaat ASI bagi jantung.

Satu lagi satu penelitian telah mengungkap keajaiban ASI, yang dipimpin oleh Dr. Lisa Martin dai Pusat Kedokteran Rumah Sakit Anak Cincinnati, USA. Dalam penelitian tersebut terungkap, bahwa didalam ASI terdapat kandungan yang tinggi hormon protein yang dikenal sebagai adiponectin. Perlu diketahui, bahwa kadar Adiponectin yang rendah terdapat orang yang gemuk yang memiliki resiko serangan jantung. Masih dalam penelitian tersebut, didalam ASI juga ditemukan hormone Leptin, yang memiliki peran utama dalam metabolisme lemak dan dipercaya sebagai molekul penyampai pesan kepada otak. Kesimpulan dari penelitian ini, dengan kandungan hormone – hormon yang ada dalam ASI akan mengurangi resiko penyakit – penyakit seperti kelebihan berat badan, diabetes jenis 2 dan kekebalan terhadap insulin dan penyakit pada pembuluh nadi utama jantung.

Ada lagi fakta yang mengagumkan dari ASI, disamping ASI akan tersedia setiap saat dengan suhu yang sesuai untuk langsung diberikan pada bayi dan dengan kandungan airnya mampu mencukupi kebutuhan air pada bayi dengan bersih dan sehat. Bayi mendapatkan ASI, masih menurut sebuah penelitian, memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi 5 angka dari bayi yang tidak mendapatkan ASI.

Menurut hasil penelitian yang dipimpin Dr. Catharina Svanborg, professor imunologi klinis di Universitas Lund Swedia, didalam ASI terdapat zat alpha-lac ( alphalactalbumin ) dalam jumlah besar. Alpha-lac dihasilkan oleh protein yang membantu pembuatan gula laktosa didalam susu. Dari penelitian ini terungkap, zat tersebut mampu mengenali keberadaan sel – sel kanker dan membunuhnya.  Wow, sangat luar bisa bukan anugrah Allah SWTdalam ASI ..?

Makanya Allah SWT, sangat menganjurkan pemberian ASI kepada bayi sebagaimana dalam firman-NYA.

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan…” (QS, Al Baqarah, 2:233)

Dengan memberikan ASI pada bayi, bukan hanya sang bayi yang banyak mendapatkan manfaat tapi sang ibu juga mendapatkan manfaat yang luar biasa. Secara psikologis, dengan memberikan ASI, kedekatan sang bayi dan ibunya akan lebih dekat dan terjalin emosional yang baik antara keduanya.

Dengan menyusui, akan memberikan efek menenangkan dan menstimulasi produksi beta endorphin yang mampu memberikan perasaan damai dan rileks serta mengurangi kecemasan. Ketika menyusui dibutuhkan energi antara 200 – 500 kalori / hari ( setara bersepeda 1 jam ) maka akan memberikan efek melangsingkan badan. Dengan menyusui pula, hormone yang merangsang kontraksi rahim dilepaskan yang akan membantu mengendalikan pendarahan dan mengembalikan bentuk tubuh ke sebelum melahirkan. Sang ibu yang menyusi juga akan dikuatkan tulangnya sehingga resiko osteoporosis akan berkurang 75% dibandingkan ibu yang memberikan susu formula. Manfaat lain dari menyusui yang tidak kalah penting adalah mengurangi resiko kanker payudara, kanker rahim dan kanker ovarium.

Dari data diatas, dapat diambil kesimpulan, betapa besar anugrah Allah SWT atas karunia ASI yang diberikan pada sang ibu untuk sang bayi. Allah yang menciptakan mahluk dan Allah pula yang memberikan panduan-NYA sebagaimana pada ayat Alqur’an diatas.

Sumber :

  • dirangkum dari beberapa sumber diantaranya : site Harun Yahya
Categories: ASI dan Susu Formula