• Kurs Valuta Asing

    Nilai Tukar Rupiah

Widya Family's Blog

Catatan dan Informasi Seputar Manajemen Keluarga

Archive for October, 2010

Nasi Gandul Khas Pati

Author : Bunda

Seperti biasa, kalau lagi mudik, kami sekeluarga pasti nyempetin hunting makanan. Emang aslinya suka makan, apalagi makanan daerah, yang nggak setiap saat dengan mudah kami dapati di Surabaya. Kali ini, ada makanan yang baru kutahu, Nasi Gandul, walaupun tulisannya sering kulihat didaerah Kudus dan Pati dan namanya juga tidak asing, ketika berbincang ria dengan temen – temen disana.

Nasi Gandul, makanan khas Pati ini sepintas mirip dengan nasi Pindang Kudus yang pernah kunikmati tetapi nggak pakai daun so ( daun mlinjo ). Sepintas seperti nasi yang disiram dengan kuah santan dengan lauk empal daging dengan aroma bumbu harum yang begitu menyengat. Ehm, rasanya pasti nendang ..
… baca lebih lanjut : Nasi Gandul Khas Pati.

13 October 2010 at 15:55 - Comments
black widow
Thanks for the post. I thought it was awesome.
3 January 11 at 23:10
Thanks for sharing your thoughts
8 January 11 at 20:32

Tanaman Penurun Kolesterol

Author : Ayah

Pada akhir – akhir ini, kita sering mendengar istilah kolesterol dalam berbagai media kesehatan, hal ini tidak lain karena banyaknya orang yang terkena serangan penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Boleh jadi sekarang menjadi sebuah momok yang ditakuti, sebab biaya pengobatannya yang mahal dan dapat berdampak yang fatal bagi kesehatan kita. Kenapa obat kolesterol mahal ..? karena bahan baku yang digunakan masih banyak yang import dan ditambah lagi dengan dampak krisis yang berkepanjangan.

Sebenarnya kita harus banyak bersyukur, karena kita dianugerahi Tuhan dengan kekayaan alam yang melimpah, termasuk didalamnya adalah aneka tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat. Dalam tulisan ini, akan dirangkum, apa saja tanaman khas Indonesia yang dapat dijadikan sebagai ramuan obat dalam mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam darah.
… baca lebih lanjut : Tanaman Penurun Kolesterol.

6 October 2010 at 11:12 - Comments

Waspadai Kolesterol dalam Tubuh Kita

Author : Ayah

Kolesterol, nama ini terasa sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apakah ini pertanda masyarakat kita sudah makmur sehingga lebih banyak makan enak dan instant sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol tubuh ..? Saya rasa nggak juga, karena masih banyak berita kemiskinan dan kelaparan di negeri ini.

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis. Jika kadar kolesterol dalam darah tinggi dari yang seharusnya maka disebut dengan Hiperkolesterolemia. … baca lebih lanjut : Waspadai Kolesterol dalam Tubuh Kita.

1 October 2010 at 16:13 - Comments

Awas Bahaya Perut Buncit

Author : Ayah

Perut buncit, begitu orang mendengar kata ini, akan langsung berasumsi pada orang yang doyan makan, gemuk dan penyakitan .. hiiii. Emang nggak salah ya, karena yang nulis juga begitu. Namun, aku sendiri nggak tahu kenapa, karena aku nggak begitu doyan makan banyak bahkan makan nasi bisa dikatakan sedikit, bukan peminum alcohol dan yang aneh – aneh. Kata si dokter ketika periksa, “ ini pasti pola makan yang nggak bener …, dijaga pola makan dan perbanyak makan buah dan sayur , olaha raga yang rutin ..!!!”

Perut buncit yang juga biasa disebut sebagai obesitas sentral atau obesitas viseral, meski tidak ada keluhan, diyakini telah terjadi gangguan metabolisme yang dikenal dengan sindrom metabolik. Pada taraf ini, meningkatkan resiko diabetes mellitus, penyakit jantung dan pembuluh darah. Nah, jangan lagi punya anggapan bahwa perut buncit lambang kemakmuran. Bagaimana kita tahu, bahwa kita termasuk dalam golongan ini ..? Ada cara yang sederhana untuk mengetahuinya, yaitu dengan mengukur lingkar perut kita. Pengukuran dilakukan pada pinggang, diantara tulang panggul bagian atas dan tulang rusuk bagian bawah. Jika didapati hasil lingkar perut >90 cm untuk pria dan >80 cm untuk wanita, maka kita termasuk dalam golongan ini. … baca lebih lanjut : Awas Bahaya Perut Buncit.

1 October 2010 at 15:08 - Comments